Jumat, 16 November 2012

Serangan Windows 8



Saat ini, Windows 7 memang telah menjadi sistem operasi Microsoft yang paling banyak digunakan. Dengan diluncurkannya Windows 8 pada jum’at (26/10/2012), bagaimana cara Microsoft untuk mengalihkan pengguna Windows 7 untuk beralih ke Windows 8 ?, salah satu strategi yang dilakukan Windows adalah menyediakan beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh Windows 7.

Perbedaan yang sangat ketara sekali pada Windows 7 dan Windows 8 terdapat pada logo di samping tulisan Windows, di Windows 8 tampilan logonya benar-benar seperti jendela. Tidak seperti Windows 7 yang logonya seperti jendela berkibar.

Windows 8 memang memiliki ratusan fitur baru, seperti waktu boot yang lebih cepat, mode pesawat (semua hal yang berkaitan dengan radio, seperti WiFi dan 3G akan dimatikan saat menggunakan mode ini seperti mode pesawat pada handphone), fungsi copy / move / paste yang diklaim lebih baik dari sebelumnya, program anti virus bawaan (Windows Defender dengan semua fitur Microsoft Security Essentials), menggunakan gambar sebagai password, dan masih banyak lagi. Tetapi sayangnya fungsi “mode Windows XP” yang ada di Windows 7, dan fitur Windows DVD Maker sudah tidak digunakan di Windows 8.

Feature
Windows 7
Windows 8
GUI boot menu
No
Yes
Lock Screen
No
Yes
Start Screen
No
Yes
Start Menu
Yes
No
Windows Media Center
Yes
Yes
Desktop Gadgets
Yes
No
Explorer Ribbon Interface
No
Yes
Support for ARM-based Chipsets
No
Yes
Charms
No
Yes
PC Settings
No
Yes
Touch and Thumb Keyboard
No
Yes
Native USB 3.0 Support
No
Yes
App Store
No
Yes
Roaming Profile
No
Yes
Refresh PC
No
Yes
Reset PC
No
Yes
Secure Boot
No
Yes
Windows To Go
No
Yes
Hyper-V Client
No
Yes
Windows XP Mode
No
Yes
File History
Yes
No
Storage Spaces
No
Yes
Flip 3D
Yes
No
Aero Glass Visual Style
Yes
No
Windows DVD Maker
Yes
No
Modern Internet Explorer
No
Yes
New Task Manager
No
Yes
Sign-in with PIN
No
Yes
Use Picture as Password
No
Yes
Better multi-monitor supprort
No
Yes
Fast Boot (Hybrid Boot)
No
Yes
Login with Microsoft Account
No
Yes
Smart Screen
No
Yes
ISO Mount
No
Yes

Windows 8 sendiri hadir dengan tampilan antarmuka (interface) yang sama sekali berbeda dari Windows versi sebelumnya  karena Windows 8 didesain untuk memenuhi kebutuhan pengguna pada platform desktop dan tablet PC sekaligus. Saat ini Windows 8 sudah digunakan oleh lebih dari 1.000 jenis komputer dan tablet PC beragam merek. Windows 8 juga didukung dengan jutaan aplikasi dari pihak ketiga yang tersedia di situs Windows Store.

Windows 8 belum banyak diminati ?


Baru-baru ini di Amerika Serikat (AS), diadakan survei besar yang dilakukan perusahaan keamanan PC Avast bahwa banyak orang di AS tidak berencana memutakhiran sistem operasinya ke Windows 8. Survei tersebut melibatkan sekitar 350 ribu pengguna piranti lunak keamanan Avast di seluruh dunia, sementara di AS terdapat 135.329 orang pengguna PC yang mengikuti survei.

Dari total pengguna PC AS yang turut serta dalam survei, 70% mengungkapkan tidak memiliki rencana untuk memutakhirkan sistem operasi ke Windows 8. Dari seluruh responden AS tersebut, 65% menggunakan Windows 7, 22% masih menggunakan Windows XP dan 8% masih Windows Vista.

Survei ini mengungkapkan adanya ketidaktertaikan pada Windows 8 di AS. Sementara itu 60% dari total responden tersebut telah mengetahui adanya Windows 8, namum tidak tampak memiliki ketertarikan pada sistem operasi baru itu. Hanya 9% dari total responden di AS yang mengungkapkan ketertarikan untuk membeli PC Windows 8 baru.



Referenasi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar